Mod dan CC (BAHASA)


halo. kali ini saya akan memberi penjelasan lengkap tentang mod dan cc.

jika teman-teman merasa pilihan pakaian dan objek rumah di sims 4 itu masih kurang maka teman-teman bisa menambahkan objek-objek bangunan lain atau pakaian-pakaian lain yang dikembangkan oleh pemain sims dari seluruh dunia. objek bangunan atau pakaian inilah yang dikenal dengan nama cc. dari tadi saya ngomongin cc, sebenarnya mereka itu apa sih?

DEFINISI
menurut sims wikia, custom content atau disingkat cc adalah konten yang dibuat oleh pemain untuk pemain. istilah ini digunakan oleh EA/Maxis (perusahaan yang memproduksi sims) untuk membedakan "konten" yang dimiliki oleh permainan sims yang original dengan konten yang diciptakan oleh pemain sims. misalnya, ketika teman-teman sedang membuat sims baru, ada kan pilihan rambut yang tersedia. nah pilihan rambut yang sudah ada ini merupakan konten asli buatan EA/Maxis. sedangkan jika teman-teman ingin punya pilihan rambut yang berbeda, misalnya seperti rambut yang terkadang saya gunakan di foto profil saya, maka teman-teman bisa menambahkan konten yang dibuat bukan oleh EA/Maxis tetapi oleh pemain lainnya. nah rambut yang dibuat oleh pemain lain ini atau apapun objek yang dibuat bukan oleh EA/Maxis inilah yang disebut cc. cc ini kalau didownload akan memiliki files yang bertipe package.

beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan cc adalah:
1. terkadang pencipta (creator) cc menggunakan "pola objek" dari creator lain sehingga kamu harus mendownload cc dari creator pertama sebelum cc kedua bisa muncul di permainan. pola objek ini dikenal dengan nama mesh (jamak : meshes). biasanya creator kedua membuat nama mod nya dengan tambahan "retexture" atau "recolor". jika kamu menemukan kedua tulisan ini, perhatikan benar apakah ada tulisan mesh included. (untuk lebih memahami terkait mesh dan trik menggunakan cc mesh ini, kamu bisa baca pos saya disini yang membahas apa itu mesh)
contoh cc yang tidak terpasang dengan meshnya akan terlihat seperti gambar di sebelah kiri di game kamu
biasanya mesh ini paling sering digunakan untuk cc rambut sehingga setiap sebelum mendonlot perhatikan apakah si creator mengatakan mesh included (mesh sudah termasuk) atau kita harus mendonlot mesh secara terpisah. misalnya, creator B membuat cc rambut bergelombang retexture (mengubah tekstur rambut) dari cc rambut creator A yang tidak memperbolehkan meshnya digabung sehingga kalau kamu ingin rambut dari creator B muncul di sims kamu, maka kamu harus donlot cc rambut creator A dan B. 
2. perhatikan adanya kata default atau non default replacement, biasanya kata ini muncul untuk pilihan skins (kulit) di sims (bisa juga untuk objek lain ya, gak cuma skins).
misalnya, kamu download skin A dan B dimana dikatakan skin A non default dan skin B default. jika kamu memasang skin A saja, maka kamu dapat memilih di CAS (create a style) skin mana yang akan kamu gunakan, apakah skin asli yang disediakan EA atau skin A yang baru kamu donlot. akan tetapi jika kamu memasang skin B, maka yang akan terjadi adalah semua sim akan menggunakan skin B sebagai tipe kulit mereka dan hanya bisa diganti jika kamu menghapus cc ini dari folder mod kamu. jadi cc default berarti cc yang menggantikan konten original yang disediakan oleh permainan.
pada gambar ini terlihat, hp yang digunakan sim berbentuk tipe samsung padahal hp yang diberikan oleh EA nya sendiri tidak berbentuk seperti ini, pergantian hp inilah yang disebut default replacement, karena digantinya secara langsung dan tidak melalui buy mode / cas mode dan berlaku secara menyeluruh untuk semua sims
selanjutnya kita akan membahas tentang mod, mod adalah singkatan dari modification (modifikasi). mod digunakan untuk menggantikan satu atau beberapa fitur permainan atau bahkan membuat fitur baru. jadi, mod adalah bentuk dari cc yang harus didonlot dan file-file nya harus terpasang dengan benar. contohnya adalah mod yang membuat orang tua (elder) bisa hamil, padahal di sims nya sendiri sudah diatur kalau elder people gak bisa hamil. jadi fitur gak bisa hamilnya elder diganti dengan menggunakan mod. nah mod ini lah yang bisa membahayakan game kita jika tidak terpasang dengan benar atau menggunakan mod yang belum bekerja sempurna. resiko nya bisa berupa data korup, kehilangan simpanan data, dan lain sebagainya. 
yang perlu diingat dari mod ini adalah 
1. terkadang ketika seorang creator menciptakan mod, akan ada kode-kode yang konflik atau tidak sesuai dengan mod lain. 
misalnya saja jika kita menggunakan mod longer/shorter pregnancy length, kita bisa mempercepat atau memperpanjang waktu kehamilan sims kita dimana pada mod ini ada kode 03B33DDF 00000000 06F6554A25E46FD0 yang bisa menciptakan konflik pada mod yang menggunakan kode sumber yang sama. kemudian kamu juga mendonlot mod babies for everyone dimana baik wanita dan pria bisa hamil, yang mana juga menggunakan kode dari sumber yang sama. jika ini terjadi maka biasanya akan terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan di permainan kamu seperti layar hitam atau error. maka jika kamu mendownload mod, harap benar-benar diperhatikan catatan dari creator modnya. dan pastikan tidak ada mod yang konflik antara satu kode dengan kode lainnya.
2. terkadang creator membagi mod menjadi beberapa versi untuk beberapa versi patch sims 4 dimana kamu harus pastikan patch versi berapa yang kamu miliki sehingga kamu bisa mendonlot mod yang sesuai dengan versi patch yang kamu miliki. kamu bisa cek dengan klik Documents > Electronic Arts > The Sims 4 > GameVersion.txt (klik disini jika masih ragu cara melihat patch)
pilih versi yang sesuai
3. ketika kamu akan update patch terbaru, pindahkan dulu semua mod dan cc kamu dari folder mods ke folder lain
4. mod ada yang berupa script mod dan non script mod. script mod adalah mod yang berfungsi untuk menambahkan fitur baru yang tidak dimiliki oleh game. biasanya mod ini memiliki file bertipe ts4script atau bertipe rar yang tidak boleh diunzip. jika kamu terlanjur meng-unzip mod bertipe rar ini, file nya akan bertipe pyo. nah jika ada file di folder mods kamu bertipe pyo, maka kamu harus menghapusnya dan menggunakan file yang berbentuk rar. khusus untuk mod bertipe script ini, kamu harus mengaktifkan option script mod allowed (seperti gambar) agar mod bisa terbaca di game kamu. contohnya adalah mod mc command center yang saya bahas disini. sedangkan semua cc dan mod bertipe package masuk ke dalam kategori non script mod.
5. khusus untuk mod script ini kamu harus menyimpannya di folder utama, tidak boleh di dalam sub-folder. 

CARA INSTAL
nah jika kamu sudah paham dengan apa itu cc dan mod, serta resiko menggunakannya dan kamu masih ingin menggunakannya, maka kamu bisa mendownload mod atau cc dari MTS atau TSR. kedua situs ini sudah sangat terpercaya dengan jumlah pengguna yang banyak yang bisa memberikan saran jika ada error yang ditemukan. keduanya gratis, walaupun untuk tsr (the sims resource), untuk bisa mendownload cc sims 4 kamu harus menunggu 10 detik (dengan catatan kalau kamu menggunakan adblock, matikan adblock tersebut untuk situs ini, jika tidak kamu harus menunggu 60 detik) saya rasa cukup adil karena semua cc yang diberikan disini serba gratis hehe. kamu juga bisa mendonlot di tumblr karena banyak sekali pemain sims berbakat yang membagikan cc nya yang luar biasa, tapi harap dipastikan kalau file yang kamu donlot berasal dari pembuat cc sims yang sudah terpercaya, salah-salah bisa saja ada virus yang masuk ke komputer kamu. selain dari 2 tempat tersebut, kamu juga bisa mendownload di 2 situs baru yang juga aman dan gratis disini.

nah, jika kamu sudah beres mendonlot semua cc dan mod yang kamu inginkan dari situs yang saya sarankan diatas, maka saatnya untuk menginstalnya ke permainan. berbeda dengan cara penginstalan di sims 3, semua cc dan mod sims 4 memiliki format package sehingga kamu hanya perlu mengcopy file-file cc dan mod kamu ke folder:
Documents > Electronic Arts > The Sims 4 > Mods > Package

perhatikan folder mods itu letaknya di My Documents bukan di C
sering banget yang nanya folder mods nya gak ada karena nyarinya di C T.T

sebaliknya jika kamu mendonlot file berupa bangunan, ruangan, atau household (keluarga), kamu akan mendapat file-file yang memiliki format seperti blueprint, trayitem, sgi, bpi, dan sebagainya, maka kamu harus memindahkan file ini ke :
Documents > Electronic Arts > The Sims 4 > Tray
jika sudah, maka bangunan tersebut bisa kamu buka di open gallery > my library. jika bangunan yang kamu donlot menggunakan cc maka kamu harus mengklik advanced dan klik include custom content dan voila semua bangunan dan sims kamu yang menggunakan cc akan muncul semua.
semua bangunan yang saya tandai dengan kotak merah adalah bangunan yang hanya muncul jika kamu mengklik "include custom content"
tips: jika creator dari bangunan tersebut menggunakan cheat seperti moveobjects atau ignoregameplayunlocksentitlement maka sebaiknya kamu memasang bangunan rumah baru kamu dalam keadaan sedang bermain dengan salah satu keluarga sims (buka di Live Mode bukan di Map Mode) dikarenakan jika ada objek yang tidak terpasang dengan tepat karena cheats, benda tersebut tersimpan di inventori keluarga dan kamu bisa memasangnya sendiri. baca disini untuk membaca daftar cheats yang sering saya gunakan.
ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menginstal mod dan cc ini:
1. berbeda dengan sims 3 dimana kamu bisa membuat subfolder di dalam folder package untuk mempermudah pencarian cc, kamu harus memasang semua sims 4 kamu di folder package KECUALI kamu mengedit file resource kamu. klik disini untuk membaca tutorialnya. catatan: jika kamu sudah update dengan patch November 2015, cara ini tidak diperlukan lagi, kamu sudah bisa langsung membuat subfolder.
2. untuk pemasangan mod, ada beberapa mod yang memiliki cara pemasangan yang spesial dimana ada file dengan format ts4script. biasanya mod ini dipasang dengan cara menggunakan mod manager yang bisa didonlot disini (saya sendiri gak pake mod ini, saya lebih memilih cara manual) atau cara manual dengan cara memindahkan file dengan format script dan package ke folder mods > package (tanpa subfolder). terkadang ada beberapa mod yang juga memiliki file rar yang tidak boleh diunzip alias dibiarkan saja dalam format rar dan diletakkan di folder mods > package juga. jadi sekali lagi, jelilah membaca catatan dari creator untuk memastikan semua mod kamu terpasang dengan sempurna dan tidak menyebabkan rusaknya game kamu.
3. jika kamu baru pertama menggunakan mod maka kamu harus mengaktifkan pengaturan mod di permainan dengan cara mengklik game options. (optional, kamu juga bisa mengatur grafik sims menjadi very high untuk mendapatkan gambar cc yang bagus di Live Mode dan juga tidak menceklis laptop mode. jika kamu memiliki cc rambut bertipe alpha, maka kamu wajib tidak menceklis laptop mode, jika tidak, maka cc rambut tersebut akan terlihat berantakan)
catatan:
jika pengaturan kamu tidak terlihat seperti diatas, maka kamu wajib update sims 4 kamu ke versi terbaru


KESIMPULAN
jadi berdasarkan keterangan diatas:
semua konten seperti konten CAS (baju, rambut, make-up, dsb), konten Buy/Build Mode (meja, lemari, kasur, wallpaper, lantai) merupakan Custom Content (CC) sedangkan semua konten yang memodifikasi fitur sims 4 disebut Mod. bentuk modifikasi ini terbagi 2, yaitu menggantikan fitur yang sudah ada dan menambah fitur baru. penambahan fitur ini yang dikenal dengan nama script mod dimana cara mengenalinya adalah dengan melihat ada/tidaknya file ts4script atau rar file. jika ada, maka mod tersebut termasuk ke mod script. cara menginstal mod dan cc ini bisa dilihat diketerangan diatas, dengan memindahkan file ke folder Documents > Electronic Arts > The Sims 4 > Mods > Package.

selain itu, terdapat pula konten lain yang berupa sims atau bangunan. cara menginstalnya sedikit berbeda. jika kamu mendonlot bangunan atau sims yang dibuat orang lain, maka file donlot-an kamu ini dimasukkan ke folder Documents > Electronic Arts > The Sims 4 > Tray (baca disini untuk mengetahui lebih jelas tentang file yang mengisi tray folder ini)

baca disini untuk melihat cara instal mod, cc, bangunan, dan sims secara detail

TIPS MERAPIKAN FILES
jika kamu kemudian menjadi lapar mata dan mendownload ratusan bahkan ribuan cc dan mod (seperti yang saya lakukan), maka kamu bisa membaca tulisan saya disini yang membahas tentang cara merapikan file mod dan cc. 

selain itu kamu juga bisa membaca tulisan saya disini untuk merapikan file bangunan, ruangan, dan sims yang berada di Tray Folder disini.

nah sekian dulu tutorial saya kali ini. mudah-mudahan bermanfaat.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.