CC Mesh dan Tutorial Menghilangkan Tekstur/Warna pada CC Mesh


halo. kali ini saya akan membagikan tutorial cara untuk tidak memunculkan tekstur pada cc yang mengandung mesh original serta penjelasan tentang mesh itu sendiri.

APA ITU MESH?
mesh adalah suatu pola yang digunakan creator cc sims 4. pola ini kemudian bisa dipakai oleh creator lain untuk retexture (mengganti tekstur) atau recolor (mengganti warna) dari pola cc semula, beberapa dari creator retexture dan recolor ini memasukkan pola dari cc yang diambilnya, tetapi kebanyakan creator diharuskan untuk mengarahkan pemain sims untuk mendonlot mesh dari cc originalnya.
ini adalah contoh dimana dress dari deetron adalah cc dengan mesh buatannya sendiri sedangkan cc dari deelitefulsimmer adalah cc dress dari deetron yang diberi warna baru (recolor)
untuk memunculkan dress dari deetron di game kamu, kamu hanya perlu menginstal cc yang kamu download dari deetron. akan tetapi jika kamu ingin memunculkan warna dress dari deelitefulsimmer, maka harus menginstal cc dari deetron dan deelitefulsimmer. jika kamu hanya menginstal cc dari deelitefulsimmer tanpa meshnya, maka yang akan terjadi di game kamu adalah seperti ini:                
cc yang tidak terpasang dengan meshnya akan terlihat seperti gambar di sebelah kiri di game kamu
TIPS:
jika kamu sudah memiliki cc yang banyak dan kamu menemukan cc yang tidak muncul di game kamu, kamu bisa saja kebingungan mencari cc mana yang memerlukan mesh tersebut, maka yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan sims kamu menggunakan cc bermasalah ke My Library, kemudian membuka hasil simpanan sims menggunakan Sims 4 Tray Importer untuk menemukan cc yang terpasang pada sims. (baca tutorial lengkap dengan gambarnya disini dan tempat download S4TI disini)

TUTORIAL MENGHILANGKAN TEKSTUR/WARNA PADA CC MESH
bagaimana jika kamu hanya ingin cc retexture atau recolor saja yang muncul di game kamu, sementara itu untuk bisa memunculkan cc ini kamu juga harus memasang cc yang mengandung mesh original serta tekstur dan warna pada mesh original yang mungkin kurang kamu sukai. nah disinilah tutorial ini akan membantu kamu.


jika kamu lihat gambar diatas ini terlihat 2 model rambut yang sama tetapi memiliki warna dan tekstur yang berbeda. rambut A merupakan rambut dengan mesh originalnya. creator B yang menyukai pola rambut A kemudian menggunakan mesh A untuk membuat tekstur dan warna yang berbeda sehingga dihasilkan lah rambut B. creator A menyatakan bahwa mesh nya tidak boleh dimasukkan ke dalam rambut recolor atau retexture sehingga kamu harus memasukkan rambut A dan B di folder mods kamu agar rambut B bisa muncul di game kamu. ukuran cc rambut ini biasanya cukup besar sehingga jika kamu tidak terlalu menyukai tekstur dan warna dari rambut original, kamu bisa menghapusnya, dalam artian tekstur dan warna rambut A tidak akan muncul di CAS kamu dan ukuran cc kamu bisa berkurang sedikit. (ini hanya contoh saja ya, kenyataannya, Kiara 24 sangat baik dan memperbolehkan creator lain yang ingin menggunakan mesh original rambutnya, langsung menyertakan mesh di rambut recolor dan retexture sehingga kamu gak perlu donlot 2x, contoh ini saya buat semata-mata untuk mempermudah teman-teman saja dalam lebih memahami apa itu mesh)

catatan: tutorial ini bisa dilakukan untuk cc apapun baik pakaian maupun objek rumah tangga, tidak hanya rambut. berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan tekstur dan warna cc rambut A dan hanya meninggalkan mesh nya saja:
1. donlot program S4PE disini (baca fungsi S4PE yang lainnya disini) atau donlot program Sims 4 Studio disini (baca fungsi Sims 4 Studio yang lainnya disini) >> pilih salah satu
2. instal dan buka program yang kamu inginkan
3. hapus semua file yang berformat CASP (CAS Part) and RLE2 (hati-hati file RLES jangan sampai terhapus)
4. dan voilaa semua tekstur dan warna pada rambut A sudah tidak ada dan rambut B tetap masih bisa dilihat di game

Klik untuk Membuka Tutorial Menggunakan S4PE


1. buka program S4PE, klik file > open

2. pilih cc yang ingin diambil meshnya saja, dalam hal ini cc rambut A

3. blok semua file CASP

4. klik kanan di files yang sudah diblok > deleted

5. semua files yang sudah terhapus belum akan hilang tetapi file tersebut akan diberi garis tengah seperti ini

6. lakukan hal yang sama pada file RLE2, blok semua file RLE2, awas file RLES tidak boleh terhapus, klik kanan dan deleted

7. setelah selesai menghapus semua file dengan format RLE2 dan CASP, klik file > save

8. maka hasilnya akan menjadi seperti ini

9. bisa dilihat file original berukuran 3 MB, sedangkan setelah dihapus file hanya berukuran 1,7 MB

ATAU
Klik untuk Membuka Tutorial Menggunakan Sims 4 Studio


1. buka program Sims 4 Studio, klik My Projects

2. pilih cc yang ingin diambil meshnya saja, dalam hal ini cc rambut A

3. akan keluar tampilan di bawah ini, saya kasi mosaik gambarnya soalnya gambarnya rada seksi, siapa tau yang baca ada yang masih di bawah umur hehe, klik warehouse

4. klik type agar file tersusun berdasarkan tipenya

5. blok semua file RLE 2, dan klik tombol delete yang ada di bagian bawah

6. akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini, klik ok untuk melanjutkan proses penghapusan

7. lakukan hal yang sama pada file Cas Part, blok semua filesnya dan tekan tombol delete

8. setelah selesai delete nya, cc akan langsung tersimpan secara otomatis. buka folder penyimpanan cc untuk melihat hasilnya, pada gambar di bawah ini terlihat bahwa file cc yang sudah diedit meshnya, baik menggunakan program S4PE maupun Sims 4 Studio, memiliki ukuran yang hampir sama, yaitu 1,7 MB


nah sekian dulu pos saya kali ini. mudah-mudahan bermanfaat.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.