The Sims 4 Studio (BAHASA)


halo. seperti yang pernah saya nyatakan disini, walaupun saya bukan pembuat mod atau cc tetapi karena saya adalah pengguna mod dan cc dalam jumlah banyak, maka ada beberapa tools yang diperlukan untuk menunjang loading game sims 4 biar gak lama-lama banget.

beberapa diantaranya adalah BRU untuk menghapus tanda baca di nama mod secara bersamaan, MCD untuk mencari tahu adakah mod yang rusak ataupun duplikat, S4PE menggabungkan files di tray folder dan mengganti format menjadi package, dan S4TI untuk mengekspor file di tray lengkap dengan cc yang digunakan serta untuk melihat gambar dan cc yang digunakan pada bangunan atau household yang disimpan di tray folder.

kali ini saya akan membahas sims 4 studio. sebenarnya program ini digunakan untuk membuat mod, tapi di pos saya kali ini, saya akan lebih fokus di 3 fungsi sampingannya, yaitu memeriksa cc yang dimiliki, menggabungkan banyak cc menjadi 1 file, dan batch fixes cc.

CARA DOWNLOAD
pertama kamu bisa donlot programnya disini.

link donlot ini hanya akan muncul jika kamu sudah terdaftar sebagai member, jadi kamu cuma perlu register (gratis).

setelah itu pilih jenis download yang kamu inginkan.

instal programnya di komputer kamu dan bukalah program tersebut.
catatan: biasanya ada 2 versi yang disediakan untuk sims 4 studio, yang stabil dan beta tetapi karena update patch baru-baru ini maka untuk saat ini hanya versi beta yang tersedia.
CARA MEMERIKSA CC
- klik my cc

- akan muncul folder package yang terletak di My Documents > Electronic Arts > The Sims 4 > Mods. klik tanda panah disebelah kanan tulisan package untuk membuka isi folder. jika kamu menggunakan patch dibawah november 2015, klik disini untuk melihat cara membuat subfolder.

klik subfolder yang ingin kamu periksa, dan klik nama cc untuk melihat bentuk cc. seperti contoh dibawah, saya membuka cc rambut dan dapat melihat model rambut yang sedang saya pilih. kamu juga bisa melihat informasi terkait rambut ini di sebelah kanan, mengubahnya jika kamu mau, dan juga bisa mengecek warna lain dari rambut tersebut dengan mengklik pilihan warna yang tersedia di sebelah kanan atas. kamu juga bisa langsung menghapuskan cc yang tidak kamu inginkan dengan mengklik delete.


CARA MENGGABUNGKAN FILE PACKAGE
cara ini saya gunakan jika saya memiliki cc dengan tema yang sama dan dalam jumlah banyak. dengan cara ini maka file package saya bisa sedikit berkurang, misalnya dibawah ini saya menggabungkan 44 files menjadi 1 file saja sehingga sedikit banyak bisa mengurangi lama loading sims 4 saya yang dikarenakan terlalu banyak memiliki cc. berikut adalah cara menggunakannya:

- klik tools > merge package

- akan muncul tampilan seperti di bawah ini. klik add untuk menambahkan files yang ingin digabung, kamu bisa memblok file dalam jumlah banyak sekaligus, tidak harus menambahkan satu-satu

- setelah menambahkan semua files yang ingin digabungkan, klik merge. jika ada 1 atau 2 files yang terselip yang tidak ingin kamu tambahkan, klik files, klik removes.

- atur letak file package sesuai keinginan kamu dan berikan nama sesuai keinginan, klik save

- file-file ini kemudian akan diproses seperti tampilan di bawah ini:

- jika sudah selesai, akan ada kotak pemberitahuan yang memberitahu bahwa sekian packages sudah berhasil digabung/di-merge

- kamu dapat mengecek file package gabungan di My CC. di gambar terlihat semua files yang saya gabungkan walaupun sudah dimerge masih bisa dilihat satu-satu
catatan: walau kamu menggabungkan package a dan package b menjadi package c, di game sims 4 yang akan muncul tetap package a dan package b.
baca disini jika kamu ingin melihat cara yang saya sarankan untuk dilakukan sebelum menggabungkan package

CARA BATCH FIXES CC
cara ini selalu saya gunakan setiap kali ada cc baru yang saya download untuk memastikan cc baru ini tidak merusak pengaturan di game saya. terkadang creator cc ada yang lupa mengatur cc nya sehingga cc dapat menganggu permainan saya seperti pakaian dalam standar ea (yang berwarna pink) berubah menjadi pakaian dalam berbentuk cc.

dengan semakin banyaknya update yang diberikan kepada sims 4 studio, maka semakin banyak pula kode batch fixes yang diberikan untuk memperbaiki cc kamu. berikut adalah penjelasan kode batch fixes, yang dibagi menjadi 3 kategori, CAS, Object, dan Misc:

disallow cc for random : tidak mengizinkan sims menggunakan cc CAS secara random (acak), hanya jika kamu yang mengedit sim tersebut untuk menggunakan cc, baru sim tersebut menggunakan cc
disallow cc for aliens : tidak mengizinkan alien menggunakan cc CAS
allow cc for aliens : mengizinkan alien menggunakan cc CAS
disallow cc for default garment : jika kamu ingin memastikan semua cc CAS kamu tidak akan mengganggu aturan default game (gunakan ini jika tampilan nude sims kamu menggunakan pakaian cc)
disallow cc for shower : jika kamu ingin membuat sims kamu mandi tanpa ada cc CAS yang digunakan (terkadang ada cc pakaian yang membuat kamu mandi menggunakan cc ini)
update CAS cc for all genders : meng-update semua cc CAS untuk bisa digunakan oleh semua gender baik laki-laki maupun perempuan
allow cc for random : mengizinkan semua sims menggunakan cc CAS secara random
fix male underwear / swimsuit EA recolor missing mesh : memperbaiki warna celana dalam atau celana renang yang kehilangan mesh
fix underwear tags : memperbaiki tag celana dalam
disallow cc for vampires : tidak mengizinkan vampir menggunakan cc CAS
allow cc for vampires : mengizinkan vampir menggunakan cc CAS
fix swimwear bottom tags : memperbaiki tag celana renang


fix dishwasher slots: memperbaiki semua cc konter dapur agar bisa dipasangkan mesin cuci piring
fix dining tables/chairs for restaurants : memperbaiki cc semua meja dan kursi makan untuk restoran
fix single beds to be monsters compatible : memperbaiki pengaturan cc kasur tunggal agar kompatibel dengan monster dibawah kasur
fix cc light tuning : memperbaiki pengaturan cc lampu yang bermasalah setelah update patch
fix mirror tuning : memperbaiki pengaturan cc cermin yang bermasalah setelah update patch
update cc counters for toddlers : meng-update cc konter dapur dan kamar mandi untuk toddlers
update cc bookcases for toddlers : meng-update cc rak buku untuk toddlers
update cc TVs for video game console : meng-update cc TV untuk konsol game dari EP City Living

delete cc thumbnails : menghapus semua thumbnail (foto kecil yang muncul ketika kamu sedang melihat-lihat cc di game)

berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan batch fixes:
- buka sims 4 studio, tekan Control+Shift+C dan akan keluar kotak dialog untuk kamu memasukkan kode batch fix yang kamu inginkan, berikut adalah daftar beberapa kode yang bisa kamu masukkan:
disallowforrandom : jika kamu tidak ingin cc yang kamu miliki digunakan secara random (acak) oleh para sims pejalan kaki di game kamu
showernude : jika kamu ingin membuat sims kamu mandi tanpa ada baju yang digunakan (terkadang ada cc pakaian yang membuat kamu mandi menggunakan cc ini)
disallowfordefault : jika kamu ingin memastikan semua cc pakaian kamu tidak akan mengganggu aturan default game (gunakan ini jika tampilan nude sims kamu menggunakan pakaian cc)
restorehumanity : jika kamu tidak ingin ada cc kamu yang muncul untuk katalog alien
disallowforaliens : jika kamu tidak ingin alien yang kamu temukan di planet sixam menggunakan cc pakaian yang kamu miliki (baca keterangan lebih lanjut tentang planet sixam disini)
dishwashersforall : jika ingin membuat semua counter dapur yang kamu donlot bisa dipasangkan mesin cuci piring

ATAU dengan update versi terbaru, kamu bisa langsung memilih Tools > Batch Fixes untuk memilih jenis batch fix yang kamu inginkan

- akan keluar dialog baru dimana kamu bisa memilih folder yang ingin kamu ubah pengaturan cc nya (kamu bisa memilih folder mods untuk memeriksa semua cc kamu dan mengubah aturan semua cc yang perlu diubah atau hanya di folder dengan cc tertentu saja). kamu juga bisa memilih tempat cc yang lama diback-up. setelah itu klik run.

- setelah selesai, akan keluar pemberitahuan ada berapa cc kamu yang diperbaiki, berapa yang tidak bisa diperbaiki, dan berapa yang tidak perlu diperbaiki
ini ketika tidak ada yang perlu diubah oleh batch fixes
ini ketika ada files package yang diperbaiki oleh batch fixes
- setelah itu akan terbuka folder dimana file package tersebut diback-up yang berisi file packages sebelum diubah aturannya >> jika kamu tidak suka dengan pengaturan baru cc, maka kamu bisa mengembalikan cc ke pengaturan lamanya yang tersimpan di folder back-up ini.
catatan:
hati-hati, khusus untuk mod yang menampilkan sims dalam keadaan nude atau jenggot (beard) kamu tidak boleh sampai melakukan batch fixes default dan shower nude.
sekian dulu pos saya kali ini. mudah-mudahan bermanfaat.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.