Baru: Daftar Cheat Sims 4 Lengkap versi Bahasa Indonesia


halo. kali ini saya akan membagikan daftar lengkap cheats sims 4 plus penjelasan, semuanya dalam bahasa indonesia. sebenarnya, saya sudah pernah membuat pos tentang cheat sims 4 disini, hanya saja daftar cheatsnya tidak selengkap pos yang ini, dikarenakan tujuan saya membuat pos yang lama tersebut sebatas berbagi cheats yang sering digunakan dalam bermain sims 4. p.s: saya tidak jadi ya mencantumkan file donlotnya karena tidak ada yang request di pos sebelumnya hehe ^^


untuk mengaktifkan cheat di sims, kamu harus menekan Control + Shift + C secara bersamaan di keyboard kamu. setelah itu akan muncul kotak dialog kecil di sebelah kiri atas permainan dimana kamu bisa mengetikkan perintah cheat yang kamu inginkan. untuk menutup kotak dialog ini, kamu tinggal kembali menekan Control + Shift + C atau tombol ESCAPE (ESC). jangan lupa tekan enter setelah mengetikkan perintah untuk mengaktifkan cheat. kamu bisa copy-paste perintah cheat dari pos ini langsung ke game kamu dengan memblok perintah cheat kemudian menekan keyboard Control + C bersamaan dan kemudian meletakkan kursor di kotak dialog cheat di game sims kamu dan menekan keyboard Control + V.

di bawah ini adalah daftar perintah cheat yang berhasil saya kumpulkan dan aktif cheatnya. jika ada yang tidak bekerja, silakan beritahu saya, biasanya saya nya yang salah ketik perintahnya.

testingcheats on : beberapa perintah cheats lain memerlukan perintah ini untuk mengaktifkan perintah cheats berikutnya
catatan:
1. ada beberapa perintah yang harus mengetik testingcheats on agar cheatnya aktif (kalau saya sendiri sih biasanya apapun perintah cheat nya, saya ketik perintah testingcheats on ini di awal permainan)
2. setiap kamu pindah lot, secara otomatis testingcheats nya off sehingga kamu harus mengetik ulang perintah testingcheats on. kamu bisa gunakan mod MC Command Center untuk selalu mengaktifkan perintah testingcheats on. klik disini untuk membaca review saya tentang mod ini dan dimana tempat menginstalnya. << selain MC Command Center, di link yang saya bagikan diatas, ada 2 mod lain yang juga bisa memudahkan kamu dalam memberikan perintah cheats tanpa harus mengetik perintah cheats seperti daftar dibawah ini.
help : mengeluarkan daftar semua perintah cheat di kotak dialog
tutorial.deactivate_tutorial_tip : menonaktifkan tutorial game
fullscreen : mengedit layar game jadi penuh
headlineeffects on/off : jika off, menyembunyikan semua efek info yang ada diatas kepala sim seperti plumbob (lambang sim yang muncul di atas kepala sims yang sedang kamu mainkan), nama sim/tanaman, dan balon dialog yang suka berisi gambar apa yang sim sedang pikirkan
hovereffects off/on  : jika off menyembunyikan garis putih yang menandakan sim atau objek yang sedang kamu pilih
fps on/off : jika on, memperlihatkan fps (frame per second) di layar ketika sedang bermain
casclockspeed x : mempercepat atau memperlambat gerakan sims di CAS (biasanya digunakan ketika kamu ingin mengcapture gambar sim kamu yang sedang berpose menggunakan CAS Pose). ganti dengan angka dari 0.1 - 10 dimana 0.1 merupakan gerakan paling lambat, misal casclockspeed 0.6. ketikkan cheat ini ketika kamu masih di dalam game, kemudian baru masuk ke CAS.
ui.dialog.auto_respond : membuat respon otomatis membatalkan dialog yang bisa muncul ketika sedang bermain atau memilih sebuah pilihan jika tidak ada opsi cancel (batal) >> biasanya digunakan jika kamu ingin membiarkan sims kamu bermain berjam-jam tanpa kamu awasi
matchspeedstereo on/off : jika off, musik yang dimainkan di radio sims kamu tidak akan mengikuti kecepatan waktu sims yang sedang kamu mainkan, dan kamu tidak perlu mengetikkan perintah ini setiap kali kamu bermain karena game akan langsung menyimpan sendiri perintah terakhir yang kamu berikan
version : ngecek versi game dasar dan versi semua EP, GP, dan SP (baca tentang EP, GP, SP disini)
quit : keluar dari game

BUILD
bb.moveobjects : memindahkan objek kemanapun yang kita inginkan. bahkan kamu bisa menaikkan atau menurunkan posisi objek dari semula dengan menekan 0 dan 9. jika kamu menekan tahan tombol alt sambil memutar objek, kamu bisa memutar objek kamu ke semua arah, tidak harus dengan sudut 45 derajat. selain itu kamu juga bisa menekan tahan tombol alt untuk mengatur letak suatu objek. kamu juga bisa memperbesar ukuran objek dengan menekan tombol ]. jika kamu ingin mengembalikan objek ke ukuran semula atau memperkecil objek silakan tekan tombol [ (sebaiknya cheat ini dilakukan untuk objek dekorasi saja yang tidak memiliki interaksi dengan sims). *kebanyakan cheat menyatakan bahwa memperbesar dan memperkecil objek harus dilakukan dengan menekan shift+]/[ akan tetapi jika kamu menggunakan macbook, hanya dengan menekan ] atau [ akan langsung memperbesar objek yang sedang diklik.
bb.showhiddenobjects : menunjukkan semua objek yang berada di kategori debug yang biasanya tidak muncul di build mode yang biasanya
bb.ignoregameplayunlocksentitlement : membuka semua objek yang terkunci tanpa harus menunggu sims untuk naik pangkat di karirnya atau menyelesaikan suatu challenge (tantangan)
bb.enablefreebuild : mengedit dan membangun semua tempat bahkan rumah sakit dan kantor polisi pun bisa diedit juga pake ini
freerealestate on/off : jika on, bisa membeli rumah rumah semahal apapun secara gratis

SHIFT+KLIK
maksud dari cheat shift + klik ini adalah kamu menekan tahan tombol keyboard shift sambil mengklik objek. berikut adalah daftar objek yang bisa menggunakan cheat ini:

shift + klik the mailbox (kotak surat)

ada beberapa pilihan cheat yang muncul yaitu:
- Alter Needs, yang terdiri dari:
  > Disable Needs Decay : menonaktifkan kebutuhan (need, yang kayak lapar, tidur, dst) sims yang berada di satu household (keluarga yang sedang kamu mainkan) atau world (semua sims)
  > Enable Needs Decay : mengaktifkan kembali kebutuhan sims untuk di satu household ataupun world
  > Fill Needs : mengisi penuh semua kebutuhan sims untuk di satu household atau world
Set as Head : kegunaan satu ini tidak hanya muncul pada kotak surat saja tapi pada semua objek apapun dan kamu bisa memilih objek tersebut menjadi hiasan kepalamu tidak peduli berapa besarnya dan bagaimana bentuknya. untuk membatalkan bentuk kepala yang sudah kamu set, tekan Shift + klik + reset pada objek di kepala. objek tersebut kemudian bisa kamu jual di Build/Buy Mode atau kamu hapus
Reset Object : mereset kotak surat

shift + klik sims

ada beberapa pilihan cheat yang muncul yaitu:
Reset Object : mereset sim
Modify in CAS : mengganti pakaian atau rambut sims di Create a Style
jika kamu ingin mengedit jenis kelamin, traits, kulit, dan sebagainya, maka ketik di kolom cheat cas.fulleditmode sebelum kamu mengklik modify in cas.
Cheat Needs : kegunaan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan alter needs, satu yang berbeda adalah adanya pilihan "make happy " dimana ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sim yang kamu pilih saja
Marriage : menghapus status pernikahan sim yang kamu mainkan untuk menjadi single kembali (hanya muncul pada sims yang sudah menikah)
Add to Family : menambahkan sim yang sedang kamu pilih ke keluarga sims yang kamu mainkan (hanya muncul jika kamu mengklik sims yang tidak dimainkan dan tidak berada di satu rumah dengan sims yang kamu mainkan)
Cheat Bowling : ada 2 pilihan cheat yang bisa dipilih dimana jika kamu memilih always throw trick, maka sim kamu akan selalu melempar bola bowlingnya dengan berbagai trik dan gaya, sedangkan jika kamu memilih never fall, maka sim kamu tidak akan pernah gagal dalam melempar bola dimana bola bowling akan selalu berada didalam jalur bowling (hanya muncul jika kamu memiliki SP Bowling Night)
Scientist : ada 5 pilihan cheat yang bisa dipilih yaitu scientist almost breakthrough, scientist breakthrough, scientist breakthrough (all), dan scientist breaktrough add almost 25%. breakthrough itu semacam momen "aha, saya tahu" yang bisa terjadi kapanpun ketika sim melakukan kegiatan. breakthrough ini merupakan salah satu syarat sims bisa naik jabatan dan untuk membuat penemuan baru. (hanya muncul pada sims yang memiliki karir sebagai scientist - peneliti)

shift + klik sumur permintaan (hanya muncul jika kamu memiliki SP Romantic Garden)
ada beberapa pilihan cheat yang muncul yaitu:
Reset Object : mereset sim
Set as Head : kegunaan satu ini tidak hanya muncul pada sumur permintaan saja tapi pada semua objek apapun dan kamu bisa memilih objek tersebut menjadi hiasan kepalamu tidak peduli berapa besarnya dan bagaimana bentuknya. untuk membatalkan bentuk kepala yang sudah kamu set, tekan Shift + klik + reset pada objek di kepala. objek tersebut kemudian bisa kamu jual di Build/Buy Mode atau kamu hapus
Turn Off Cooldown : membuat sumur permintaan bisa mengabulkan semua permintaan sim sebanyak yang kamu inginkan tanpa terbatas waktu (jika cheat ini tidak aktif, maka satu sim hanya bisa meminta ke sumur permintaan sekali empat jam)
- Force Outcomes : memaksa hasil dari sumur permintaan sesuai dengan yang kamu inginkan, ada 6 pilihan hasil yang bervariasi dari positif sampai hasil kematian

adapula beberapa pilihan cheat lainnya, yaitu:

shift+klik ground (tanah) : teleport alias langsung berpindah tempat sesuai dengan yang kamu inginkan
shift+klik objek yang bisa kotor : membuat objek menjadi kotor (dirty) atau bersih (clean)
shift+klik objek : mereset objek

SIMS (KEBUTUHAN, SIFAT -TRAITS, TINGKAH LAKU)
sims.get_sim_id_by_name (nama depan) (nama belakang) : mendapatkan ID sim yang biasanya digunakan untuk perintah cheats lain, ganti (first name) dengan nama depan sims kamu dan (last name) dengan nama belakang sims kamu. misalnya: sims.get_sim_id_by_name Julie Watson (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)
sims.summon_sim_to_zone (IDsims) : memanggil sim tertentu yang kamu inginkan ke tempat sim kamu sedang berada
sims.hard_reset : mereset sims ke posisi semula
resetsim (nama depan) (nama belakang) : mereset sim jika sim kamu error, misal: resetsim Julie Watson (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)
sims.spawn : membuat random 1 sim baru dan memunculkannya di tempat sims kamu sedang berada
sims.spawnsimple x : membuat random sims baru sejumlah x (ganti x dengan angka, hati-hati jika kebanyakan bisa membahayakan game kamu)
setage : membuat sims kamu yang bayi, anak-anak, atau remaja menjadi sim dewasa
sims.add_buff NPC_Maid : membuat sim kamu yang aktif memiliki sifat maid, dimana sim ini akan melakukan kegiatan sehari-harinya seperti biasa, akan tetapi ketika ada barang yang harus dibersihkan, secara otomatis sim ini akan segera membersihkannya
sims.remove_buff NPC_Maid : menonaktifkan sifat maid di sim kamu
soak.enable_soak_handyman_situation (ketik perintah ini pertama)
soak.create_soak_handyman_situation (lanjutkan dengan perintah ini) : memunculkan 1 sim random tanpa seragam yang akan bekerja untuk memperbaiki barang-barang kamu tanpa dibayar
soak.enable_soak_maid_situation (ketik perintah ini pertama)
soak.create_soak_maid_situation (lanjutkan dengan perintah ini) : memunculkan 1 sim random tanpa seragam yang akan bekerja untuk membersihkan rumah kamu tanpa dibayar
soak.enable_soak_party_situation (ketik perintah ini pertama)
soak.create_soak_party_situation (lanjutkan dengan perintah ini) : jika kamu ingin mengadakan pesta tapi orang-orang yang kamu undang sedang sibuk dengan urusannya masing-masing (kerja atau sekolah), gunakan perintah ini untuk bisa langsung mengadakan pesta dengan beberapa sims random yang akan berdatangan ke tempat pesta kamu.
objects.consumables_infinite_toggle : setelah kamu memasukkan perintah cheat ini, maka semua objek yang bisa dikonsumsi yang kamu beli/buat akan berjumlah tak terhingga alias gak akan habis-habis seperti masakan atau ramuan yang dibeli di reward store. akibatnya, kamu akan selalu memakan masakan yang sama atau meminum ramuan yang sama.
sims.fill_all_commodities : memenuhi semua kebutuhan sim yang sedang dimainkan saja
stats.fill_commodities_household : memenuhi semua kebutuhan sims yang berada dalam 1 rumah menjadi maksimal
fillmotive motive_x : memaksimalkan kebutuhan sim yang kamu mau, ganti x dengan bladder, fun, hunger, social, energy, atau hygiene. misal fillmotive motive_hunger
cas.fulleditmode : membuka semua fungsi edit di CAS termasuk sifat, kulit, dan jenis kelamin
aspirations.complete_current_milestone : menyelesaikan tingkatan aspirasi yang sedang kamu mainkan
sims.give_satisfaction_points x : menambahkan satisfaction poin yang dapat digunakan di reward store untuk membeli traits baru dan potion, ganti x dengan poin yang kamu inginkan, misal 1000 atau 25000, semua terserah kamu
sims.add_buff points : menambah 100 satisfaction points
sims.remove_buff points : kamu harus mengetik perintah ini sebelum kamu kembali menambahkan 100 satisfaction poin menggunakan perintah diatas
traits.equip_trait (namatraittanpaspasi) : menambahkan trait baru ke sims kamu, baca disini untuk melihat daftar semua trait plus keterangannya
traits.remove_trait (namatraittanpaspasi) : menghilangkan trait dari sims kamu, baca disini untuk melihat daftar semua trait plus keterangannya

RELATIONSHIP (HUBUNGAN)
modifyrelationship A B x LTR_friendship_main : mengubah poin persahabatan antara 2 sim, ganti A dan B dengan nama lengkap 2  sims yang ingin kamu ubah poin persahabatannya dan ganti x dengan angka dari 0-100 dengan semakin tinggi angkanya menandakan semakin erat persahabatan kedua sims tersebut. misalnya, dua sims yang ingin saya ubah poinnya adalah Julie Watson dan Nadia Smith, maka bentuk perintah yang saya ketikkan: modifyrelationship Julie Watson Nadia Smith 50 LTR_Friendship_Main (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)
modifyrelationship A B -x LTR_friendship_main : mengubah poin persahabatan antara 2 sim, ganti A dan B dengan nama lengkap 2  sims yang ingin kamu ubah poin persahabatannya dan ganti x dengan angka dari 0-100 dengan semakin tinggi angkanya menandakan semakin besar tingkat kebencian  kedua sims tersebut. misalnya, dua sims yang ingin saya ubah poinnya adalah Julie Watson dan Nadia Smith, maka bentuk perintah yang saya ketikkan: modifyrelationship Julie Watson Nadia Smith -50 LTR_Friendship_Main (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)
modifyrelationship A B x romance_main : mengubah poin romantis antara 2 sim, ganti A dan B dengan nama lengkap 2  sims yang ingin kamu ubah poin romantisnya dan ganti x dengan angka dari 0-100 dengan semakin tinggi angkanya menandakan semakin mesra dan sayang kedua sims tersebut. misalnya, dua sims yang ingin saya ubah poinnya adalah Julie Watson dan Nathan Watson, maka bentuk perintah yang saya ketikkan: modifyrelationship Julie Watson Nathan Watson 50 Romance_Main (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)
modifyrelationship A B -x romance_main : mengubah poin romantis antara 2 sim, ganti A dan B dengan nama lengkap 2  sims yang ingin kamu ubah poin romantisnya dan ganti x dengan angka dari 0-100 dengan semakin tinggi angkanya menandakan semakin benci tapi mau kedua sims tersebut. misalnya, dua sims yang ingin saya ubah poinnya adalah Julie Watson dan Nathan Watson, maka bentuk perintah yang saya ketikkan: modifyrelationship Julie Watson Nathan Watson -50 Romance_Main (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)
relationships.create_friends_for_sim : memunculkan sim random di rumah kamu dengan poin persahabatan sudah terisi setengah penuh (50%)
relationship.introduce_sim_to_all_others : kenal semua sims
relationship.destroy (IDsims1) (IDsims2) : menghancurkan hubungan antara kedua sims yang kamu inginkan
relationship.add_bit (IDsims1) (IDsims2) {relationshipBit} : menambahkan hubungan antara kedua sims yang kamu inginkan dimana ganti {relationshipbit} dengan daftar ini bawah ini: (pilih salah satu)
romantic-Married
family_husband_wife
family_grandchild
family_son_daughter
family_brother_sister
family_grandparent
family_parent

UANG
kaching atau rosebud : tambah uang 1.000
motherlode : tambah uang 50.000
money x : mengatur keuangan keluarga kamu sesuai dengan yang kamu inginkan, misal uang kamu saat ini adalah 23.778 dan kamu ingin menggenapkannya menjadi 20.000 maka kamu cukup ketik money 20000. jika kamu ingin uang keluarga kamu menjadi 99.999 cukup ketik money 99999
sims.modify_funds +x : menambahkan uang sebesar x ke keuangan kamu
sims.modify_funds -x : mengurangi uang sebesar x ke keuangan kamu
households.autopay_bills :  otomatis membayar tagihan
households.force_bills_due : mencegah tagihan datang

KARIR
careers.add_career (nama karir) : menambahkan karir ke sim yang sedang kamu pilih, ganti (nama karir) dengan karir yang kamu inginkan, misal careers.add_career techguru
careers.remove_career (nama karir) : menghilangkan karir ke sim yang sedang kamu pilih, ganti (nama karir) dengan karir yang kamu inginkan
careers.retire (nama karir) : pensiun dari pekerjaan dan menerima uang pensiun setiap harinya

careers.promote x : menaikkan karir sim 1 level, ganti x dengan nama karir sim kamu, misal doctor, scientist, detective.
careers.demote x : menurunkan karir sim 1 level
berikut adalah daftar kode untuk nama karir (sudah termasuk 5 karir part-time anak sma), ganti promoto menjadi demote untuk menurunkan karir sims:
careers.promote astronaut : astronot (space ranger & interstellar smuggler)
careers.promote athletic : atlet (professional athlete & bodybuilder)
careers.promote business : bisnis (management & investor)
careers.promote criminal : kriminal (boss & oracle)
careers.promote culinary : kulinari (chef & mixologist)
careers.promote entertainer : entertainer (musician & comedian)
careers.promote painter : pelukis (master of the real & patron of the arts)
careers.promote secretagent : agen rahasia (diamond agent & villain)
careers.promote techguru : tech guru (e-sport gamer & start-up entrepreneur)
careers.promote writer : penulis (author & journalist)
careers.promote detective : detektif (get to work)
careers.promote doctor : dokter (get to work)
careers.promote scientist : peneliti (get to work)
careers.promote socialmedia : media sosial (city living)
careers.promote activist : politikus (city living)
careers.promote careers_adult_critic : kritikus (city living)
careers.promote veterinarian : dokter hewan (cats & dogs)
careers.promote teen_babysitter : pengasuh anak (hanya untuk remaja)
careers.promote teen_barista : pekerja di kedai kopi (hanya untuk remaja)
careers.promote teen_fastfood : pekerja di restoran cepat saji (hanya untuk remaja)
careers.promote teen_manual : pekerja manual (hanya untuk remaja)
careers.promote teen_retail : pekerja di toko (hanya untuk remaja)

careers.promote gradeschool: menaikkan nilai/grade anak sd (child)
careers.promote highschool: menaikkan nilai/grade anak sma (teen)
careers.demote gradeschool/highschool: menurunkan nilai/grade anak sd/sma

KEMATIAN
death.toggle true/false : jika false, sims kamu tidak bisa mati
sims.add_buff buff_death_electrocution_warning : membuat sims kamu mati karena tegangan tinggi listrik yang bisa terjadi karena perintah ini akan mengaktifkan moodlet dazed (linglung) kemudian perintahkan sims kamu untuk memperbaiki barang elektronik
sims.add_buff buff_death_elderexhaustion_warning : membuat sims kamu mati mendadak karena bekerja terlalu keras yang bisa terjadi pada sims yang sudah tidak memiliki cukup stamina alias sims yang sudah memasuki tahap perkembangan dewasa tua (elders) >> jika tidak langsung mati, bisa dipancing dengan memerintah sims elders kamu untuk berolahraga
sims.add_buff buff_mortified : membuat sims kamu mati dalam kurun waktu 5 jam karena merasa terlalu malu yang bisa terjadi karena perintah ini akan mengaktifkan moodlet mortified (rasa malu yang berlebih)
sims.add_buff buff_hysterical : membuat sims kamu mati karena histeria (tertawa) yang berlebihan yang bisa terjadi karena perintah ini akan mengaktifkan moodlet hysteria (luapan emosi yang terlalu berlebih)
sims.add_buff buff_enraged : membuat sims kamu mati karena rasa marah yang begitu besar yang bisa terjadi karena perintah ini akan mengaktifkan moodlet enraged (marah banget)
sims.add_buff buff_motives_hunger_starving : membuat sims kamu mati dalam kurun waktu 24 jam karena kelaparan yang bisa terjadi karena perintah ini mengaktifkan moodlet ravenous (lapar banget)
sims.add_buff ghostly : membiarkan sims kamu secara sementara menjadi hantu selama 4 jam (membutuhkan EP Get to Work)
traits.equip_trait poison : langsung membunuh sims karena racun (membutuhkan GP Jungle Adventure)
sims.add_buff curses_MarkedForDeath_Common : memberikan kutukan kepada sims untuk mati karena tegangan listrik yang tinggi yang bisa terjadi ketika sims sedang memperbaiki objek yang rusak (membutuhkan GP Jungle Adventure)
sims.add_buff curses_MarkedForDeath_Uncommon : memberikan kutukan kepada sims untuk mati karena kebakaran yang bisa terjadi pada sims kapan saja selama kutukan ini belum dihilangkan (membutuhkan GP Jungle Adventure)
sims.add_buff curses_MarkedForDeath_Rare : memberikan kutukan kepada sims untuk mati karena racun dimana sims akan mati 3 hari setelah kutukan diberikan jika sims tidak melakukan pengobatan (membutuhkan GP Jungle Adventure)
catatan:
jika kamu punya EP City Living, ada satu penyebab kematian baru yaitu death by pufferfish yang sayangnya belum saya temukan cheatnya
EMOSI
jika kamu menemukan kode high pada perintah cheat emosi ini maka moodlet emosi yang muncul adalah +2. ganti kata high dan gunakan kode low maka kamu akan mendapatkan moodlet emosi +1. sedangkan kode e_buff akan membuat moodlet emosi kamu bertahan 12 jam seperti emosi yang ditimbulkan oleh intisari tanaman cowplant (baca disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang cowplant).
sims.add_buff (tipeemosi) : menambahkan tipe emosi tertentu
sims.remove_buff (tipeemosi) : menghilangkan tipe emosi tertentu
sims.remove_all_buffs : menghilangkan semua moodlet emosi, dengan kata lain menimbulkan moodlet fine

Berikut adalah tipe-tipe emosi yang bisa digunakan dalam perintah ini:
sims.add_buff e_buff_angry : menambahkan moodlet marah yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_embarrassed : menambahkan moodlet merasa malu yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_happy : menambahkan moodlet senang yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_bored : menambahkan moodlet bosan yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_confident : menambahkan moodlet percaya diri yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_energized : menambahkan moodlet berenergi yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_flirty : menambahkan moodlet genit yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_focused : menambahkan moodlet fokus yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_inspired : menambahkan moodlet terinspirasi yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_playful : menambahkan moodlet suka bermain yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_sad : menambahkan moodlet sedih yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff e_buff_uncomfortable : menambahkan moodlet tidak nyaman yang bertahan selama 12 jam
sims.add_buff AngryHigh : menambahkan moodlet marah +2; ganti high menjadi low, misal sims.add_buff AngryLow maka kamu akan mendapatkan moodlet marah +1
sims.add_buff ConfidentHigh : menambahkan moodlet percaya diri +2; high bisa diganti menjadi low
sims.add_buff EnergizedHigh : menambahkan moodlet berenergi +2; high bisa diganti menjadi low
sims.add_buff FlirtyHigh : menambahkan moodlet genit (flirty) +2; high bisa diganti menjadi low
sims.add_buff FocusedHigh : menambahkan moodlet fokus +2; high bisa diganti menjadi low
sims.add_buff HappyHigh : menambahkan moodlet senang +2; high bisa diganti menjadi low
sims.add_buff InspiredHigh : menambahkan moodlet terinspirasi +2; high bisa diganti menjadi low
sims.add_buff PlayfulHigh : menambahkan moodlet suka bermain (playful) +2; high bisa diganti menjadi low
sims.add_buff SadHigh : menambahkan moodlet sedih +2; high bisa diganti menjadi low

KEHAMILAN
sims.add_buff buff_pregnancy_trimester1 : memberi sims dan hantu bentuk tubuh orang hamil pada trimester pertama
sims.add_buff buff_pregnancy_trimester2 : memberi sims dan hantu bentuk tubuh orang hamil pada trimester kedua
sims.add_buff buff_pregnancy_trimester3 : memberi sims dan hantu bentuk tubuh orang hamil pada trimester ketiga
sims.add_buff buff_pregnancy_inlabor : memaksa sims dan hantu untuk melakukan proses melahirkan walaupun palsu karena tidak akan ada anak bayi yang lahir dari perintah cheat ini
pregnancy.force_offspring_count (IDsimyanghamil) (jumlah) : ketika sim kamu sedang hamil, gunakan perintah ini untuk mendapatkan jumlah anak yang diinginkan dalam kehamilan tersebut. jika melebihi batas normal jumlah sims dalam 1 keluarga (8) maka bisa timbul masalah kestabilan permainan, jadi harap berhati-hati dalam menentukan jumlahnya. saya udah coba cheat yang ini dan emang gak bisa, alternatif pake mod mc command center
trik: (saya sudah mencobanya dan berhasil) jika tidak ingin melakukan cheat kamu bisa melakukan hal-hal dibawah ini untuk menentukan ingin mendapatkan anak perempuan/laki-laki pada saat sims sedang hamil:
anak perempuan: sims yang sedang hamil makan stroberi dan mendengarkan musik pop (pop music) di radio
anak laki-laki: sims yang sedang hamil makan wortel dan mendengarkan musik alternatif (alternative music) di radio
SKILLS
bb.give_sim_all_skills : memberikan sims semua kemampuan.
contoh (untuk semua perintah dibawah): stats.set_skill_level major_fishing 5 >> akan meningkatkan kemampuan memancing sim saya ke level 5
cheat dibawah ini pada beberapa pemain gak berfungsi, alternatif bisa pake mod UI cheats extension
stats.set_skill_level major_archaeology {1-10} : meningkatkan kemampuan archaelogy-arkeologi (jungle adventure)
stats.set_skill_level major_baking {1-10} : meningkatkan kemampuan baking-memanggang (get to work)
stats.set_skill_level skill_bowling {1-5} : meningkatkan kemampuan bermain bowling (bowling night)
stats.set_skill_level major_charisma {1-10} : meningkatkan kemampuan charisma-karisma
stats.set_skill_level major_comedy {1-10} : meningkatkan kemampuan comedy-komedi
stats.set_skill_level skill_dog {1-15} : meningkatkan kemampuan melatih hewan peliharaan (cats & dogs)
stats.set_skill_level major_homestylecooking {1-10} : meningkatkan kemampuan cooking-memasak
stats.set_skill_level minor_dancing {1-5} : meningkatkan kemampuan dancing-menari (get together)
stats.set_skill_level major_djmixing {1-10} : meningkatkan kemampuan dj (get together)
stats.set_skill_level major_fishing {1-10} : meningkatkan kemampuan fishing-memancing
stats.set_skill_level skill_fitness {1-10} : meningkatkan kemampuan fitness-kebugaran
stats.set_skill_level major_gardening {1-10} : meningkatkan kemampuan gardening-berkebun
stats.set_skill_level major_gourmetcooking {1-10} : meningkatkan kemampuan gourmet cooking-memasak makanan yang diolah dengan bahan yang bagus, gizi yang seimbang, dan penataan piring yang cantik secara estetika
stats.set_skill_level major guitar {1-10} : meningkatkan kemampuan bermain gitar
stats.set_skill_level major_handiness {1-10} : meningkatkan kemampuan handiness-keahlian dalam menggunakan peralatan bangunan
stats.set_skill_level major_herbalism {1-10} : meningkatkan kemampuan herbalism-ilmu yang meracik obat-obatan menggunakan tanaman (outdoor retreat)
stats.set_skill_level minor_localculture {1-15} : meningkatkan kemampuan memahami budaya Selvadoradian (jungle adventure)
stats.set_skill_level major_logic {1-10} : meningkatkan kemampuan logic-berpikir logis
stats.set_skill_level major_mischief {1-10} : meningkatkan kemampuan mischief-kejailan
stats.set_skill_level major_bartending {1-10} : meningkatkan kemampuan mixology-mengkombinasikan beberapa minuman menjadi satu minuman baru yang layak minum
stats.set_skill_level major_painting {1-10} : meningkatkan kemampuan painting-melukis
stats.set_skill_level adultmajor_parenting {1-10} : meningkatkan kemampuan parenting-mengasuh anak
stats.set_skill_level major_pipeorgan {1-10} : meningkatkan kemampuan pipe organ-semacam piano pipa yang mengeluarkan bunyi dari tekanan udara di pipanya (vampire)
stats.set_skill_level major_photography {1-5} : meningkatkan kemampuan photography-memotret (get to work)
stats.set_skill_level major_piano {1-10} : meningkatkan kemampuan bermain piano
stats.set_skill_level major_programming {1-10} : meningkatkan kemampuan programming-menginstruksikan komputer bagaimana cara melakukan sesuatu
stats.set_skill_level major_reaping {1-10} : meningkatkan kemampuan reaping-mengoleksi
stats.set_skill_level major_rocketScience {1-10} : meningkatkan kemampuan rocket science-ilmu roket
stats.set_skill_level major_singing {1-10} : meningkatkan kemampuan singing - menyanyi (city living)
stats.set_skill_level vampirelore {1-15} : meningkatkan kemampuan vampire lore-pengetahuan tentang vampir (vampire)
stats.set_skill_level major_vet {1-10} : meningkatkan kemampuan mengobati hewan-vet (cats & dogs)
stats.set_skill_level major_videogaming {1-10} : meningkatkan kemampuan bermain video games
stats.set_skill_level major_violin {1-10} : meningkatkan kemampuan bermain violin
stats.set_skill_level major_wellness {1-10} : meningkatkan kemampuan wellness-kesehatan (spa day)
stats.set_skill_level major_writing {1-10} : meningkatkan kemampuan writing-menulis

stats.set_skill_level skill_child_creativity {1-10} : meningkatkan kemampuan creativity-kreativitas (anak)
stats.set_skill_level skill_child_mental {1-10} : meningkatkan kemampuan mental (anak)
stats.set_skill_level skill_child_motor {1-10} : meningkatkan kemampuan motorik (anak)
stats.set_skill_level skill_child_social {1-10} : meningkatkan kemampuan social-bersosialisasi (anak)

stats.set_skill_level skill_toddler_imagination {1-5} : meningkatkan kemampuan berimajinasi toddler
stats.set_skill_level skill_toddler_communication {1-5} : meningkatkan kemampuan berkomunikasi toddler
stats.set_skill_level skill_toddler_movement {1-5} : meningkatkan kemampuan berpindah toddler
stats.set_skill_level skill_toddler_thinking {1-5} : meningkatkan kemampuan berpikir toddler
stats.set_skill_level skill_toddler_potty {1-3} : meningkatkan kemampuan ke kamar mandi toddler

KEBAKARAN
stats.set_stat commodity_buff_burninglove_startfire 7 : perintah cheat ini meningkatkan terjadinya kebakaran sebesar 15%. copy-paste perintah ini sampai sims kamu terbakar. jika ingin tetap membiarkan sims kamu hidup, pastikan ada shower-tempat mandi di dekatnya
sims.remove_buff buff_fire_recentfire : membatalkan kebakaran yang sedang terjadi. perlu waktu 2 hari penuh waktu sims sebelum kamu bisa menggunakan perintah cheat ini kembali. agar bisa menggunakan cheat ini kembali tanpa harus menunggu 2 hari penuh waktu sims, kamu bisa menggunakan perintah di bawah, tetapi ingat jika kebakarannya masih aktif, sims kamu bisa terbakar kembali
sims.remove_buff BurningLove : menghilangkan kemungkinan kebakaran yang bisa terjadi setelah kamu mengetikkan perintah cheat diatas
sims.add_buff BurningLove : meningkatkan kemungkinan terjadinya kebakaran selama 4 jam
objects.gsi_create_obj 0x0000abd9 : memunculkan nyala api kecil yang hanya muncul di satu tempat dekat sim kamu, tidak akan menyebar dan membakar sims kamu, serta akan hilang dengan sendirinya

GET TO WORK
stats.set_skill_level retail_workethic x : mengatur etika kerja pegawai (melakukan tugas sesuai yang kamu minta) yang bisa kamu pekerjakan untuk toko retail kamu, ganti x dengan angka 1-5 dimana 5 adalah angka maksimal.
stats.set_skill_level retail_maintenance x : mengatur maintenance pegawai (seberapa baik pegawai dalam membersihkan dan me-restock barang jualan) yang bisa kamu pekerjakan untuk toko retail kamu, ganti x dengan angka 1-5 dimana 5 adalah angka maksimal.
stats.set_skill_level retail_sales x : mengatur kemampuan menjual pegawai (melayani pelanggan yang mau membayar barang yang mau dibelinya) yang bisa kamu pekerjakan untuk toko retail kamu, ganti x dengan angka 1-5 dimana 5 adalah angka maksimal.

RETAIL PERKS - GET TO WORK
bucks.unlock_perk RegisterMimic true : mendapatkan Register of Tomorrow, mesin kasir dengan desain modern, cocok untuk toko-toko yang menjual barang-barang mewah. mesin kasir ini bisa dilihat di build mode bagian retail items.
bucks.unlock_perk SignageMimic true : mendapatkan Stunning Sign, tanda menarik yang bisa diletakkan di depan toko untuk menarik pengunjung. tanda ini bisa dilihat di build mode bagian retail items.
bucks.unlock_perk PedestalMimic true : mendapatkan Provocative Pedestal, alas sebagai tempat meletakkan objek-objek yang bisa dibeli pengunjung toko. alas ini bisa dilihat di build mode bagian retail items
bucks.unlock_perk AdditionalWorker_1 true : membuka 1 slot tambahan untuk pegawai yang bisa dipekerjakan di toko. klik manage employee di mesin kasir untuk mengatur pegawai yang ingin kamu pekerjakan
bucks.unlock_perk AdditionalWorker_2 true : membuka 1 lagi slot tambahan untuk pegawai yang bisa dipekerjakan di toko. klik manage employee di mesin kasir untuk mengatur pegawai yang ingin kamu pekerjakan
bucks.unlock_perk CustomerPurchaseIntent true : pengunjung akan memiliki hasrat yang besar untuk berbelanja di toko sims kamu semenjak pertama kali ia masuk ke toko
bucks.unlock_perk ImproveManagementSocials true : interaksi sosial manajemen yang dilakukan oleh pegawai toko akan memiliki kemungkinan lebih besar berhasil.
bucks.unlock_perk ImproveRetailSocials true : sosialiasi retail yang dilakukan pada pengunjung akan memiliki kemungkinan berhasil yang jauh lebih besar
bucks.unlock_perk DecreaseRestocking_Temporary true : mendapatkan potongan harga ketika kamu me-restock barang yang dijual selama 12 jam waktu sims
bucks.unlock_perk DescreaseRestockingCost true : mengurangi harga restock barang yang sudah habis terjual
bucks.unlock_perk StorePlacard_1 true : mendapatkan plakat 1 - My First Simoleon (simoleon pertama saya) sebagai perayaan atas kesuksesan awal dalam membuka toko. plakat ini bisa dilihat di build mode bagian retail items
bucks.unlock_perk StorePlacard_2 true : mendapatkan plakat Fobbs 500 sebagai perayaan atas berhasilnya toko sims kamu menguasai pangsa pasar. plakat ini bisa dilihat di build mode bagian retail items
bucks.unlock_perk RetailOutfit true : mendapatkan Snazzy Shirt, kemeja yang cocok digunakan oleh pegawai toko baik untuk wanita maupun laki-laki sebagai seragam pegawai
bucks.unlock_perk CheckoutSpeed_Small true : mengurangi sedikit waktu yang diperlukan untuk mencatat belanjaan pengunjung (ring up)
bucks.unlock_perk CheckoutSpeed_Large true : mengurangi waktu yang cukup banyak yang diperlukan untuk mencatat belanjaan pengunjung (ring up)
bucks.unlock_perk RestockSpeed_Small true : mengurangi waktu yang cukup banyak yang diperlukan untuk me-restock barang-barang yang sudah terjual
bucks.unlock_perk RestockSpeed_Large true :mengurangi sedikit waktu yang diperlukan untuk me-restock barang-barang yang sudah terjual
bucks.unlock_perk CustomerBrowseTime true : pengunjung akan menggunakan waktu yang lebih lama untuk memilih barang yang ingin dibelinya di toko sims kamu
bucks.unlock_perk SureSaleSocial true : membuka interaksi sosial "Sure Sale" dimana merupakan jaminan bahwa pegunjung akan membeli suatu barang jika sudah dilakukan interaksi ini kepada pengunjung tersebut
bucks.unlock_perk InstantRestock true : anggota keluarga yang sedang tidak melayani pengunjung akan secara otomatis melakukan restock barang yang sudah habis terjual

DINE OUT
untuk memastikan mendapatkan pegawai restoran yang memiliki skill diatas rata-rata, kamu bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut:
- buatlah household baru yang berisi pegawai yang kamu inginkan bekerja di restoran kamu dan letakkan di salah satu bangunan tempat tinggal.
- aturlah skill anggota household ini sesuai dengan yang kamu inginkan dengan memasukkan cheat skill diatas dimana pegawai restoran memerlukan skill charisma, comedy, cooking, fitness, dan mixology.
- setelah itu masuk ke mode manage worlds dan evict household kamu (memindahkan household ke bagian sims yang tidak berada di world - not in the world)
- mainkan sim kamu yang merupakan pemilik restoran, buka menu hire employees (pekerjakan pegawai) untuk memunculkan NPC-NPC baru
- setelah itu kembali ke mode manage worlds dan pilih manage household
- hapus semua NPC yang tidak kamu inginkan
cara ini akan memastikan kamu untuk mendapatkan NPC dari sims yang sudah kamu atur. jika kamu sudah mempekerjan sims yang kamu inginkan, sims tersebut bisa kamu pindahkan kembali ke dalam salah satu bangunan tempat tinggal.

RESTAURANT PERKS - DINE OUT
bucks.unlock_perk recommenddishsocial true : membuat pengunjung restoran berharap mendapatkan rekomendasi makanan dari restoran dan membuka kemampuan untuk memberikan rekomendasi melalui sosialisasi “recommend dish”
bucks.unlock_perk additionalwaiter_1 true : membuka slot untuk mempekerjakan pegawai kedua
bucks.unlock_perk ingredientqualityoptions true : membuka kemampuan untuk memilih kualitas bahan makanan
bucks.unlock_perk morecustomers true : mendatangkan lebih banyak pengunjung di restoran selama 24 jam waktu sims
bucks.unlock_perk ingredientcostdiscount true : mengambil keuntungan dari panen yang berlebih dengan mendapatkan diskon untuk harga bahan makanan selama 24 jam waktu sims
bucks.unlock_perk lengthenimpatiencetimeout true : membuat pengunjung restoran lebih mudah terkesan dengan pelayanan yang cepat dan bersedia menunggu lebih lama dengan pelayanan yang lambat sebelum kemudian marah
bucks.unlock_perk additionalchef true : membuka slot untuk mempekerjakan chef kedua yang juga memerlukan chef station miliknya sendiri
bucks.unlock_perk recommenddishfrequency true : meningkatkan seberapa sering pengunjung restoran meminta rekomendasi makanan. perk ini terbuka setelah membeli curious customer perk
bucks.unlock_perk additionalwaiter_2 true : membuka slot untuk mempekerjakan pegawai ketiga. perk ini terbuka setelah membeli additional waiter #1 perk
bucks.unlock_perk inspirationalspeechsocial true : membuka interaksi sosial “inspirational speech” yang digunakan untuk menginspirasi pekerja restoran
bucks.unlock_perk eatfaster true : pengunjung restoran memakan makanannya lebih cepat
bucks.unlock_perk loweremployeetrainingcost true : menurunkan biaya pelatihan untuk pekerja restoran
bucks.unlock_perk cheaperingredients_1 true : menurunkan secara permanen biaya bahan makanan dalam jumlah kecil
bucks.unlock_perk expensiveorders true : pengunjung restoran akan lebih sering memilih menu yang lebih mahal
bucks.unlock_perk riskfreemarkup true : pengunjung restoran akan memberikan tip agak lebih banyak. bisa dibeli berulang kali untuk mendapatkan tip yang lebih besar
bucks.unlock_perk cheaperingredients_2 true : menurunkan secara permanen biaya bahan makanan dalam jumlah besar. perk ini terbuka setelah membeli ingredient discount (small)
bucks.unlock_perk lowerchancebadevents_small true : menurunkan kemungkinan terjadinya peristiwa buruk terjadi di restoran ketika sim kamu pergi
bucks.unlock_perk chefshat true : membuka topi chef tambahan untuk sims kamu

VAMPIRE
stats.set_stat commodity_BecomingVampire 2160 : mengubah sims manusia menjadi sims vampir dengan proses yang normal (menggunakan waktu transisi selama 2 hari)
traits.equip_trait trait_OccultVampire : mengubah sims manusia menjadi sims vampir langsung tanpa waktu transisi
traits.remove_trait trait_OccultVampire : mengubah sims vampire kembali menjadi sims manusia
berhubung cheat untuk game pack ini lumayan banyak, saya membuatkan pos tersendiri khusus untuk daftar cheat vampire yang bisa kamu baca disini.
stats.set_stat commodity_Motive_Visible_Vampire_Power 100 : mengisi penuh energi vampir
stats.set_stat commodity_Motive_Visible_Vampire_Power -100 : menghabiskan energi vampir
traits.equip_trait Vampire_Sun : mengubah sims menjadi hantu vampir
stats.set_stat commodity_Vampire_SunExposure -100 : membuat sims kamu mati karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari
catatan: ini hanyalah sebagian kecil dari cheat vampire saja. untuk melihat daftar lengkap cheat vampire bisa dilihat di pos yang saya pos disini
PARENTHOOD
curfew.set_curfew (waktu) : mengatur waktu curfew (jam malam) untuk anak yang memiliki 3 pilihan yaitu 7 malam, 9 malam, dan 11 malam. ganti (waktu) dengan angka 19, 21, atau 23 tanpa tanda kurung sesuai dengan jam malam batas anak-anak sims kamu boleh pulang
catatan: ini hanyalah sebagian kecil dari cheat parenthood saja. untuk melihat daftar lengkap cheat vampire bisa dilihat di pos yang saya pos disini 
CATS & DOGS
kamu bisa membuat hewan peliharaan kamu mati menggunakan cheat. pertama, kamu harus mendapatkan ID dari hewan peliharaan tersebut dengan cara yang sama dengan cheat ID untuk sims:
sims.get_sim_id_by_name (nama depan hewan peliharaan) (nama belakang peliharaan) : mendapatkan ID sim yang biasanya digunakan untuk perintah cheats lain, ganti (nama depan) dengan nama depan hewan peliharaan sims kamu dan (nama belakang) dengan nama belakang hewan peliharaan sims kamu. misalnya: sims.get_sim_id_by_name Kill Bill (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)

setelah mendapatkan ID hewan peliharaan, masukkan cheat dibawah ini untuk mematikan hewan peliharaan dan mengubahnya menjadi hantu
traits.equip_trait Ghost_OldAge (ID hewan peliharaan) : membuat hewan peliharaan mati dan berubah menjadi hantu. ganti (ID hewan peliharaan) dengan ID yang didapat dari cheat pertama tanpa tanda kurung.

ada pula cheat untuk mengatur hubungan sims dengan pets, berikut adalah cheatnya:
modifyrelationship A P x LTR_simtopet_friendship_main : mengubah poin persahabatan antara  sim dengan hewan peliharaannya, ganti A dengan nama lengkap sim yang ingin kamu ubah poin persahabatannya dan ganti P dengan nama lengkap hewan peliharaan yang ingin kamu ubah poin persahabatannya. urutannya harus sim dahulu baru hewan peliharaannya ya. hewan peliharaan yang bisa diubah hubungannya dengan sims hanyalah hewan peliharaan yang memiliki nama belakang. ganti x dengan angka dari 0 sampai 100 dengan semakin tinggi angkanya menandakan semakin erat persahabatan kedua sims tersebut. misalnya, hubungan yang ingin saya ubah poinnya adalah Julie Watson dan hewan peliharaannya, Molly Watson maka bentuk perintah yang saya ketikkan: modifyrelationship Julie Watson Molly Watson 50 LTR_Friendship_Main (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)
modifyrelationship A P -x LTR_simtopet_friendship_main : mengubah poin persahabatan antara  sim dengan hewan peliharaannya, ganti A dengan nama lengkap sim yang ingin kamu ubah poin persahabatannya dan ganti P dengan nama lengkap hewan peliharaan yang ingin kamu ubah poin persahabatannya. urutannya harus sim dahulu baru hewan peliharaannya ya. hewan peliharaan yang bisa diubah hubungannya dengan sims hanyalah hewan peliharaan yang memiliki nama belakang. ganti x dengan angka dari 0 sampai 100 dengan semakin tinggi angkanya menandakan semakin besar tingkat kebencian kedua sims tersebut. misalnya, hubungan yang ingin saya ubah poinnya adalah Julie Watson dan hewan peliharaannya, Molly Watson maka bentuk perintah yang saya ketikkan: modifyrelationship Julie Watson Molly Watson -50 LTR_Friendship_Main (perhatikan huruf besar dan huruf kecil pada nama sims, cheat tidak akan bekerja jika huruf besar-kecilnya tidak sesuai namanya)

VET CLINIC PERKS - CATS & DOGS
bucks.unlock_perk additionalvet_1 : membuka slot untuk mempekerjakan dokter hewan tambahan
bucks.unlock_perk supplyquality true : membuka kemampuan untuk mengatur kualitas barang-barang klinik hewan dan membuka pengaturan untuk bisa menjual barang-barang tersebut lebih mahal atau lebih murah
bucks.unlock_perk vetperks_morecustomers true : meningkatkan jumlah pasien yang datang ke klinik secara sementara
bucks.unlock_perk vetperks_lengthenimpatiencetimeout true : membuat pemilik hewan menjadi lebih cepat puas dengan pelayanan yang cepat dan lebih bersabar dengan pelayanan yang lambat
bucks.unlock_perk additionalvet_2 : membuka slot untuk mempekerjakan dokter hewan tambahan, kamu harus membuka Additional Vet (cheat yang pertama) sebelum bisa menggunakan cheat ini
bucks.unlock_perk vetperks_inspirationalspeechsocial true : membuka interaksi inspirational speech untuk menginspirasi staff pekerja di klinik hewan
bucks.unlock_perk vetperks_loweremployeetrainingcost true : menurunkan biaya pelatihan staff pekerja klinik hewan
bucks.unlock_perk vetperks_lowerchancebadevents_small true : menurunkan kemungkinan peristiwa buruk terjadi di klinik hewan ketika sims kamu sedang tidak berada di klinik
bucks.unlock_perk reducepetstress true : menurunkan stress yang didapat hewan ketika sedang dilakukan penanganan medis
bucks.unlock_perk unlockcasitem true : mendapatkan jas lab untuk sims

JUNGLE ADVENTURE
traits.equip_trait Trait_JungleExplorer : mendapatkan trait Treasure Hunter yang merupakan reward trait jika sims berhasil menyelesaikan aspirasi Jungle Explorer
traits.equip_trait Trait_Archaeology : mendapatkan trait Museum Patreon yang merupakan reward trait jika sims berhasil menyelesaikan aspirasi Archaelogy Scholar
traits.equip_trait Trait_Hidden_Skeleton_ServiceSkeleton : mengubah sims menjadi tengkorak
sims.add_buff Buff_Skeleton : mengubah sims menjadi tengkorak selama 12 jam dikarenakan Blessing of The Bones
sims.remove_buff Buff_Skeleton : mengembalikan tengkorak menjadi sims yang dikarenakan Blessing of The Bones
catatan: cheat lain dari Jungle Adventure sudah saya masukkan sesuai kategori, seperti cheat untuk skill dan kematian
PENYAKIT
sims.add_buff CoughSneeze_severe : sims akan batuk dan bersin selama 3 jam
sims.add_buff CoughSneeze_mild : sims akan batuk dan bersin selama 2 jam
sims.add_buff Dizzy_severe : sims akan memiliki mood dazed (linglung) selama 3 jam
sims.add_buff Dizzy_mild : sims akan memiliki mood dazed (linglung) selama 2 jam
catatan: jika sims sedang mengalami mood linglung, sebaiknya sims kamu dibawa tidur, jika sims kamu diperintahkan untuk melakukan sesuatu, bisa berakibat pada kematian (kecuali kamu memang ingin membuat sims kamu mati)
sims.add_buff Fever_severe : sims akan memiliki demam selama 3 jam
sims.add_buff Fever_mild : sims akan memiliki demam selama 2 jam
sims.add_buff Giggly_severe : sims akan cekikikan (giggles) selama 3 jam
sims.add_buff Giggly_mild : sims akan cekikikan (giggles) selama 2 jam
sims.add_buff Headache_severe : sims akan mengalami sakit kepala selama 3 jam
sims.add_buff Headache_mild : sims akan mengalami sakit kepala selama 2 jam
sims.add_buff Itchy_severe : sims akan merasa gatal-gatal (itchy) selama 3 jam
sims.add_buff Itchy_mild : sims akan merasa gatal-gatal (itchy) selama 3 jam
sims.add_buff Nausea_severe : sims akan merasa mual selama 3 jam
sims.add_buff Nausea_mild : sims akan merasa mual selama 2 jam
sims.add_buff SeeingThings_severe : sims akan menggigau (delirious) selama 3 jam
sims.add_buff SeeingThings_mild : sims akan menggigau (delirious) selama 2 jam
sims.add_buff SteamyEars_severe : sims akan merasa tegang (tense) selama 3 jam
sims.add_buff SteamyEars_mild : sims akan merasa tegang (tense) selama 2 jam

OBJEK
objects.gsi_create_obj 0xKODEOBJEK : kamu bisa memunculkan objek yang kamu inginkan dengan mengetik perintah ini ke kotak dialog. setiap objek memiliki kode yang unik. lihat disini untuk melihat daftar semua perintah cheat untuk objek.

KEYBOARD SHORTCUTS
sebenarnya ini bukan termasuk cheats sih, tapi lebih ke jalan pintas dengan hanya menekan tombol di keyboard kamu bisa memunculkan suatu menu tanpa harus pencet sana sini. ternyata saya menemukan banyak banget terkait jalan pintas ini yang saya putuskan akan saya buat di pos baru. klik disini.

LAIN-LAIN
selain menggunakan perintah yang diketik di kotak dialog, kamu juga bisa mengaktifkan cheat sims 4 menggunakan mod. mod sendiri adalah konten yang dibuat oleh pemain sims 4 (bukan EA) untuk menambah atau mengganti fitur yang sudah ada di sims 4, dalam hal ini mod ini berfungsi untuk mengatur cheat pada sims 4 kamu tanpa kamu harus mengetikkan perintah. beberapa mod yang saya gunakan untuk cheats telah saya rangkum di pos mod untuk cheats. selain itu, jika kamu ingin lebih memahami apa itu mod dan bedanya dengan cc (yang juga merupakan konten yang dibuat pemain sims 4) maka kamu bisa membaca pos tentang mod dan cc. selain mod untuk cheat, ada mod-mod lain yang juga dapat membuat permainan sims 4 kamu lebih menyenangkan dan lebih terasa di dunia nyata, berikut adalah daftar mod yang menjadi andalan saya.

SUMBER
untuk mendapatkan kumpulan cheat ini saya menggunakan beragam sumber yang membuat saya sangat berterimakasih kepada mereka-mereka ini:
sumber 1  |   sumber 2  |  sumber 3  |  sumber 4  |  sumber 5  |  sumber 6

nah selesai juga kumpulan mod cheat lengkap ini. lumayan lama juga saya ngabisin waktu buat bikin pos ini karena saya buatnya malas-malasan hehe. tetapi mudah-mudahan tetap bermanfaat.

Tags:

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.